Tentang Produk  |  Khasiat  |  Fans Page

7 Cara Sederhana Mengatasi Insomnia (Penyakit Sulit Tidur)

17-Apr-2016
Langkah pertama mengatasi insomnia ialah dengan mencari tahu argumen mengapa Anda terus–menerus alami susah tidur. 

Insomnia ialah keadaan waktu seorang terus-menerus kesusahan atau tak dapat tidur sesuai sama saat ideal, walau dia mempunyai peluang serta saat yang cukup untuk istirahat. 


Kecuali akibat beban fikiran, stres serta kecemasan, insomnia pula dapat dikarenakan oleh berbagai keadaan medis seperti asma, depresi, nyeri pada sendi, atau mengkonsumsi obat-obatan. 

Di bawah ini ialah beberapa cara untuk menangani insomnia. 

Relaksasi 

Berbagai olah badan seperti yoga serta pilates bisa berguna menyajikan rasa nyaman serta ketenangan yang dapat mempermudah Anda tidur. Kegiatan olah badan ini pada intinya untuk mengatur pola napas yang bisa dikerjakan sendiri setiap saat, terlebih waktu mendekati tidur. Tehnik pernafasan yang baik bakal punya pengaruh pada situasi hati, detak jantung, serta kurangi kemelut otot. 

Waktu tak dapat tidur, dari pada cuma membolak-balik badan yang malah semakin bikin stres, coba bangun untuk lakukan apa sajakah yang bisa bikin Anda santai. Ketahui serta kerjakan ritual sebelumnya tidur yang bikin Anda lebih tenang seperti membaca buku, mandi air hangat, dengarkan musik memiliki irama enteng atau menggunakan aromaterapi. 

Tehnik relaksasi amat pas buat mereka yang alami insomnia yang dikarenakan oleh kekhawatiran, stres atau bahkan juga depresi. 

Memikirkan positif 

Selalu berupaya memikirkan positif dapat bikin Anda lebih dapat mengatasi permasalahan yang terkadang jadi penyebabnya insomnia. 

Bila Anda tak bisa tidur lantaran pikirkan satu permasalahan, cobalah tuliskan permasalahan Anda beserta jalan keluar yang bisa dipikirkan untuk mengatasinya. Hal semacam ini diinginkan bakal kurangi kecemasan sebagai penyebabnya insomnia. Atau Anda pula bisa membicarakannya pada teman dekat atau anggota keluarga. 

Olahraga di sore hari pula bisa bikin badan lebih santai serta nyaman untuk tidur. 

Pilih tipe makanan serta minuman dengan jeli. 

Jauhi konsumsi minuman alkohol, kopi, teh, serta minuman enteng yang biasanya mengandung cafein di sore hari. Semuanya minuman ini berisiko bikin Anda terbangun pada malam harinya. Susu atau minuman hangat bisa jadi pilihan yang menentramkan. 

Jauhi pula merokok mendekati saat tidur. Kandungan nikotinnya berisiko bikin Anda susah tidur. 

Jauhi konsumsi makanan berkarbohidrat kompleks mendekati jam tidur. Grup makanan ini bakal membebani system pencernaan hingga bikin badan jadi susah beristirahat.  

Menyikapi pergantian jam biologis. 

Melancong ke belahan dunia lain dengan ketidaksamaan saat yang jauh tidak sama bikin badan memerlukan saat yang panjang untuk sesuaikan saat tidur. Pergantian jam kerja seperti kewajiban bekerja pada malam hari, pula berisiko mengakibatkan insomnia. 

Atur lagi jadwal aktivitas Anda. Lakukan untuk tidur serta bangun di jam yang sama setiap hari. Jauhi tidur siang lantaran malah berpeluang bikin Anda sulit tidur pada malam hari. 

Asumsi kalau Anda bisa menebus jam tidur yang hilang dengan tidur lebih panjang di akhir minggu ialah salah. Ini malah bakal makin mengacaukan jam biologis Anda. 

Membuat kamar tidur yang nyaman. 

Yakinkan kamar tidur Anda cuma dipakai untuk tidur serta terkait seksual. Letakkan meja belajar, computer, serta tv diluar kamar. 

Atur suhu kamar senyaman mungkin saja, tak sangat dingin maupun sangat panas. Sejam mendekati tidur, Anda bisa mulai kurangi sinar didalam kamar untuk mengondisikan badan. 

Jauhi meletakkan jam di segi tempat tidur. Bolak-balik memperhatikan jam serta mengerti telah berapakah jam Anda berusaha untuk tidur bakal memberi rasa frustrasi. 

Posisikan piranti tidur senyaman mungkin saja. Anda yang tengah hamil atau tengah alami sakit punggung mungkin saja dapat terbantu dengan meletakkan bantal diantara ke-2 kaki atau dibawah lutut. Sedang bantal yang sangat tinggi malah bakal bikin leher capek. 

Merubah style hidup 

Kecuali pola tidur, pergantian pola hidup bisa dikerjakan dengan pola makan yang lebih sehat serta teratur. 

Sediakan saat untuk olahraga sekurang-kurangnya 2-3 kali satu minggu pula bisa jadi langkah yang baik untuk tingkatkan kualitas tidur. Yakinkan Anda pula bergerak aktif setiap hari, dan kurangi bebrapa rutinitas jelek seperti merokok. 

Obat tidur 

Obat-obatan untuk menangani insomnia baiknya cuma dipakai sesekali. Butuh diingat kalau obat tidur adalah jalan keluar sesaat saja lantaran tak merampungkan akar penyebabnya insomnia. Dalam periode panjang, pemakaian obat tidur terus-menerus bisa bikin badan jadi kecanduan serta mengakibatkan beragam resikonya.

 

 

Berita / Artikel Lainnya :